Senin, 09 Februari 2009

Penanganan sederhana virus "Link" - my name:Yuyun 1.0

Aku kemaren ga sadar ternyata dah kena virus ini. Ciri dari virus ini, disetiap folder pasti akan di create link dari stiap folder yang ada didalamnya, klo pun didalam suatu fodler tidak ada folder, pasti akan create lin juga dengan icon folder, dan bernama "Microsoft" sama "Harry Potter and ...", jadi ati2 klo nge klik folder, pastikan itu bukan link.

Virus ini mungkin ga terlalu berbahaya, cuman menuh2in HD dengan link, dan sedikit memperlambat kerja system aja sih. Aku pake KAV 7, tapi ga bisa detect nih virus, ga tau karena ga aku update apa karena ga bisa detek, tapi bisa aku atasi secara manual, caranya :
  1. Pada Windows Explorer klik tools>folder option>view, show hiden filenya dicentang, hide extentionnya di-uncheck, hide protected operating system file juga di-uncheck.
  2. Pake search, cari file thumb.db ,inget, bukan thumbs.db beda di "s" nya, hapus semua file thumb.db , hapusnya pake shift+dell, biar musnah dari HD, search dan apus disemua drive. Jangan lupa di pilihan "more advance option" di dalam search optionnya, search hiden files and foldernya di centang.
  3. klo ada file database.mdb (klo ga salah)di /My Document, coba buka pake wordpad/notepad (jangan di couble klik, klik kanan, pilih open with aja), isinya harus sama dengan thumb.db, yang pada step 2 dihapus, klo ada, apus file itu juga.
  4. Setelah itu, search file autorun.inf yang tanggal "date modified" nya sama persis sampek ke jam2nya, hapus itu semua.
  5. Search dan hapus juga file dengan icon folder yang ber-extensi *.lnk dengan tanggal last modified yang sama.
  6. masuk msconfidg dari run command, liat startup applicationnya, cari yang ada hubungannya dengan "WScript.exe" atau "database", ilangin centangnya, lalu klik apply, dan exit.

Sudah, komputer anda sudah bebas dari virus "my name:Yuyun 1.0".

Langkah 5 boleh saja tidak anda lakukan, tapi langkah2 sebelumnya harus bener2 dilakukan dan HDD bersih dari thumb.db dan database.mdb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda....