Minggu, 08 Februari 2009

Slumdog Millionaire .....

Kapan hari dikasih tau temen ada filem baru, dan setelah diliat, wah koq pilem India, jadi ill feel duluan, under estimate bleh. Akhirnya dengan pertimbangan FD ga muat, ga jadi dicopy deh, padahal menurut rekomendasi temen, tuh film bagus, layak tonton. Dan akhirnya ga jadi deh nonton.

Setelah keesokan harinya, iseng2 browsing di kompie jaringan, punya temen2 kost, eh ada tuh film, dan aku tonton, awalnya sih bingung, ada adegan seorang lagi ikut kuis Who wants to be A Millionaire, tapi koq abis gitu dia di interogasi di kantor Polisi, waduh gimana sih cerita nih filem. Jadi penasaran dan ditonton.

Singkat cerita, nih film ternyata menceritakan seorang OB yang lagi ikut kuis Who Whants To be A Millionaire, tapi keikut sertaannya itu tanpa disengaja, karena dia disuruh gantiin orang tempatnya kerja, yaitu gantiin sebagai operator telepon. Dan tanpa disengaja, dia bisa menjawab semua pertanyaan dalam kuis itu, sampai dia dituduh curang , dan dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi. Tapi ternyata dia mendapat semua pertanyaan itu dari pengalaman hidupnya yang pait banget, dan semua itu menunjukkan bahwa , klo memang Tuhan, memberikan jalan kepada mahluknya, tak akan ada yang tak mungkin.

Abis nonton filem ini, aku liat, koq India ampir mirip ma Indonesia ya??dari segi kotanya yang kumuh, kehidupan masyaraktnya yang masih banyak yang miskin, tapi yang kaya sampek diujung kekayaannya. Dan lagi, konflik-konflik horizontalnya juga mirip, disisitu diliatin bahwa umat muslim masih terdiskriminasi di India. Aku kira itu sih cuman dramatisasi cinematografi aja sih, bukan kenyataan, tapi ya ga tau juga.

Kenapa ya Indonesia ga bisa bikin film seheboh ini, sampe2 filem ini, sampe2 dapet banyak penghargaan internasional dibidang film. Kenapa film Indonesia cuman mengangkat cerita tentang cinta, hantu, comedy sex, yang dan paling akhir adalah religy romantis yang tanpa sengaja meledak penontonnya. Ayo donk sutradara Indonesia yang kreatif, dan pesen buat produser Indonesia (yang rata2 orang India), jangan nge-push sutradaranya untuk mengikuti pasar yang kadang ga mutu. Ato perfileman Indonesia akan kembali mati kaya dulu.......

1 komentar:

  1. gw setuju banget ama tulisan elo kali, pokoknya setuuuuuuuuuuujuuuuuuuuuuuuuu
    Sutradara indonesia padahal orang pinter2 tapi kreatifitasnya ndak kayak DIYer yach? hehehehe kok bandingin ama DIYer, DIYer epek gitar lagi hahahahaha

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda....